Peran Penting Orang Tua Selama Perawatan Bayi di Dalam Inkubator

Inkubator merupakan salah satu jenis alat kesehatan yang diperuntukan untuk bayi. Kata inkubator sendiri diambil dari kata inkubasi yang mempunyai arti penjagaan atau perawatan supaya bisa berkembang dan terlindungi dengan maksimal. Jadi bisa diartikan bahwa inkubator adalah sebuah alat yang dipakai dalam proses inkubasi terutama untuk bayi yang lahir prematur atau bayi-bayi yang mengalami gangguan kesehatan.

jual inkubator bayi murah

Lalu kenapa bayi prematur perlu dirawat dengan inkubator? Hal ini karena biasanya bayi yang lahir prematur semua organ tubuhnya seperti hati dan paru-paru belum bisa berfungsi secara sempurna, sehingga daya tahan tubuhnya juga belum berjalan baik menjadikannya sangat mudah terinfeksi berbagai virus penyakit. Dan inkubator lah yang akan melindungi bayi dari hal-hal tersebut serta membantu proses tumbuh kembangnya agar bisa berjalan normal.

Inkubator sendiri dirancang menggunakan teknologi yang khusus diperuntukan bagi bayi-bayi prematur. Di dalamnya dilengkapi dengan beberapa komponen penghangat seperti lampu yang berfungsi untuk menjaga suhu inkubator tetap stabil dan menjadikan bayi merasa lebih nyaman. Selain lampu penghangat adapula lampu khusus penyinaran sinar biru untuk menangani bayi yang menderita penyakit kuning karena diakibatkan terjadinya pengingkatan kadar bilirubin di dalam darah. Pada inkubator bayi juga terdapat beberapa sensor untuk mengatur suhu dan kelembaban sesuai dengan kebutuhan.

Selama berada di inkubator bayi prematur juga harus tetap mendapatkan perhatian ekstra, seperti asupan nutrisinya yang harus selalu terpenuhi, kadar oksigen dan cairan dalam tubuh yang harus selalu terpantau serta beberapa hal lain yang perlu diperhatikan agar kondisi dan perkembangannya dapat berlangsung dengan baik.

Inkubator yang tersedia di rumah sakit biasanya ada berbagai macam, dari mulai yang sederhana sampai yang paling canggih dan masing-masing alat diperuntukan untuk kondisi bayi yang berbeda-beda.

Inkubator sederhana yang hanya terdiri dari beberapa komponen penghangat umumnya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan inkubator canggih atau modern yang dilengkapi banyak fitur dan kelengkapan. Sekarang ini juga sudah banyak dipasaran, toko alat kesehatan yang jual inkubator bayi murah ini, dengan harga lebih terjangkau sehingga bisa dimiliki oleh berbagai kalangan.

Paling terpenting ketika anda hendak membeli jangan asal pilih toko atau distributor, usahakan pilih toko alat kesehatan yang resmi dan terpercaya, serta memiliki trek record yang baik agar inkubator yang didapatkan benar-benar memiliki kualitas terbaik. Tanyakan juga terlebih dahulu mengenai spesifikasi, garansi, pelayanan purna jual serta cara penggunaan yang tepat supaya tidak mengalami kebingungan serta kesalahan ketika menggunakan. Karena kalau sampai salah tentu akan sangat berbahaya bagi bayi yang dirawat di dalamnya.

Itu tadi adalah sedikit informasi mengenai alat inkubator yang digunakan untuk merawat bayi prematur, semoga bisa makin menambah pengetahuan dan wawasan anda mengenai alat medis yang satu ini. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *