Upaya Rehabilitasi Pasien Stroke

Stroke merupakan suatu serangan pada otak, yang dapat menyebabkan kerusakan atau kematian sel-sel otak. Stroke terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah di otak, atau bisa juga karena pecahnya pembuluh darah tersebut. Stroke merupakan masalah yang besar dan serius, beberapa dampak yang ditimbulkan diataranya adalah kecacatan pada orang yang berusia diatas 60 tahun, beban psikososial dan biaya pengobatan serta perawatan yang sangat besar. Orang yang terkena serangan stroke biasanya mengalami penurunan kesadaran, gejala-gejala klinik yang timbul mencapai maksimum beberapa jam atau kurang dari 24 jam.

Tujuan Perawatan stroke Perawatan stroke memiliki dua tujuan utama, yaitu meminimalkan cedera pada jaringan otak dan mengobati komplikasi yang dapat terjadi setelah stroke, baik kerusakan saraf maupun fisik. Pasien stroke membutuhkan upaya rehabilitasi agar mereka mampu mandiri untuk mengurus dirinya sendiri dan melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari tanpa harus terus menjadi beban bagi keluarganya.

Upaya rehabilitasi (memulihkan kepada keadaan semula) bagi pasien yang mengalami stroke, sebenarnya tidak harus selalu dilakukan di fasilitas rehabilitasi rumah sakit. Secara umum rehabilitasi dapat ditangani melalui tatalaksana rehabilitasi sederhana oleh tenaga kesehatan maupun keluarga pasien terapi stroke yang tidak membutuhkan peralatan canggih. Upaya rehabilitasi tersebut berfokus untuk mencegah komplikasi karena kelumpuhan, yang dapat membawa memperburuk kondisi pasien stroke dan mengembalikan kemandirian dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan upaya ini diharapkan pasien stroke dapat mencapai hidup yang lebih berkualitas.

Rehabilitasi pasien stroke akan memberikan hasil yang optimal bila dilakukan dalam 3 bulan pertama paska stroke. Meskipun perkembangan pemulihan yang optimal didapatkan dalam jangka waktu tersebut, proses pemulihan berlangsung seumur hidup untuk mengembalikan kemandirian pasien mencapai kemampuan fungsional yang optimal. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memulai rehabilitasi sedini mungkin dan secara berkesinambungan.

Leave a Reply