Aliran Musik Dangdut Mana Yang Jadi Favorit?

Musik Dangdut merupakan musik yang sudah sangat melekat  di telinga dan hati masyarakat di Indonesia. hal ini dikarenakan musik dangdut yang memiliki alunan nada yang sangat indah dan menawan. Sering kali musik yang satu ini membawa semangat lain dalam aktivitas keseharian kita, karena dapat meghadirkan kehangatan dan semangat saat mendengarkannya. Kelebihan lain yang dimiliki oleh musik dangdut adalah liriknya. Lirik lagu dangdut cenderung sederhana dan mudah dicerna sehingga apa yang hendak disampaikan dapat dipahami dengan mudah oleh pendengarnya. Musik dangdut juga sangat adaptif dan kolaboratif sehingga tidaklah mengherankan jika ada banyak jenis musik dangdut yang ada di Indonesia. Kolaborasi ini menghasilkan berbagai jenis aliran musik dangdut yang sangat beragam. berikut adalah beberapa aliran musik dangdut yang ada di Indonesia.

Aliran Musik Dangdut

Aliran Musik Dangdut Yang Terkenal Di Indonesia

Dangdut Rock, aliran musik dangdut yang satu ini merupakan kombinasi antara musik dangdut dengan musik rock. Musik jenis ini sangat populer pada awal 1970-an. Musik dangdut yang satu ini lahir pada masa musik rock sedang berjaya. Demi mensejajarkan diri maka musisi dangdut berinovasi untuk membuat dangdut lebih dapat diterima oleh masyarakat. Soneta merupakan salah satu grup yang mempopulerkan musik dangdut jenis ini.

Ada juga aliran musik Dangdut Disco, dangdut dengan jenis yang satu ini sangat populer pada tahun 1990-an. Dangdut disco merupakan kombinasi atara musik dangdut dan musik disco, sehingga dangdut dengan jenis ini memiliki tempo yang cepat dan terkesan sangat energik. Beberapa musisi yang telah sukses mampopulerkan dangdut jenis ini, diantaranya adalah Ratna Anjani dengan lagu berjudul Padang Bulan dan Ade Irma dengan hitsnya Kumbang-Kumbang.

Dangdut Campur, jenis musik yang satu ini dinamakan aliran musik dangdut campur karena merupakan kolaborasi dari berbagai jenis unsur musik. Musik dangdut jenis ini memiliki minimal tiga jenis musik yang dipadukan sehingga menghasilkan alunan yang unik. Sebagai salah satu contohnya adalah lagu dengan judul Biarlah Merana yang dilantunkan oleh Rita Sugiarto, lagu tersebut mengandung unsur Latin didalamnya.

Ada pula lagu-lagu lama yang didaur ulang dengan aransemen yang berbeda dan itu dinamakan House Dangdut karena disisipi oleh unsur house musik.

Ada pula Dangdut Koplo, dangdut koplo merupakan salah satu musik generasi terbaru dari dangdut. Muncul pada tahun 2000-an, musik yang satu ini mengkolaborasikan antara dangdut dengan variasi gendang dengan tabuhan yang unik dengan beat cepat. Sehingga membuat siapapun yang mendengarnya ingin bergoyang mengikuti beat yang ada.

Selain beberpa aliran musik dangdut di atas, masih banyak musisi dangdut yang taap pada pakem dangdut tanpa harus mengkolaborasikannya dengan musik jenis yang lain. Dinataranya adalah Evie Tamala, Rita Sugiarto, Ine Cynthia, Imam S.Arifin, Meggy.Z, Ikke Nurjannah dan yang lainya. Jika Anda merupakan penggemar dangdut, Anda dapat mendapatkan lirik lagu teraru Anda di rajasawer.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *