Kata-kata bijak menjadikan hidup lebih tenang

Banyak orang yang hidupnya tidak tenang karena tidak mau mengikhlaskan apa yang telah terjadi kepadanya. Perasaan yang mudah marah, sedih berlarut-larut atau galau berkepanjangan membuat pikiran menjadi kacau. Hati menjadi cemas dan gelisah sepanjang waktu. Akhirnya hidup menjadi tidak lagi bermakna.

Tentu tidak ada orang yang menginginkan kehidupan yang seperti itu. Semua orang pasti setuju kalau mereka mendambakan kehidupan yang tenang dan jauh dari hal-hal yang merugikan. Namun sangat sulit mengendalikan diri tatkala ada hal yang mengganggu, atau saat ada masalah kita justru tidak dapat berpikir jernih. Sehingga untuk mendapatkan ketenangan hidup menjadi sangat sulit (Di kutp dari blog ucapcakap).

kata kata bijak

Hal yang paling utama untuk mewujudkan ketentraman dalam hidup adalah niat yang kuat untuk selalu berpikir jernih. Jangan biasakan untuk berburuk sangka, mudah marah dan bersikap egois. Mungkin lebih mudah bicara, namun sangat sulit untuk menerapkannya. Karena itu kita perlu untuk mendapatkan kata-kata bijak sebagai pengingat diri saat mulai merasakan gelisah.

Semua permasalahan dalam hidup ini pasti ada jalan keluarnya. Karena itu tidak perlu terlalu berlebihan dalam menanggapinya sampai-sampai hati menjadi kacau balau. Menghadapi segala sesuatunya dengan kepala dingin menjadi salah satu cara agar hidup menjadi tenang. Tentu harus ada orang di samping kita yang tidak pernah bosan mengingatkan saat kita merasa kesal atau sedih.

Kata-kata bijak sebagai nasihat juga sangat berguna untuk memberi peringatan dan pelajaran hidup kepada kita. Sehingga tiap kali kita akan melakukan hal-hal yang tidak baik pesan yang tertuang dalam kata-kata tersebut akan menjaga kita agar selalu berbuat baik. sikap dan perilaku yang baik lah yang akan memberikan hidup yang tentram dan nyaman.

Kata-kata bijak bisa kita dapat dari orang tua, orang yang dikagumi atau tokoh yang perjalanan hidupnya dapat dijadikan pembelajaran dalam menata kepribadian. Pengalaman yang mereka alami dalam menghadapi semua permasalahan hidup tentu lebih berharga untuk di ambil hikmahnya sehingga kita bisa menghidari hal yang sia-sia. Kita jadi tahu mana yang salah dan mana yang benar. Serta mampu mengatasi masalah dengan bijak.

Tentu hal tersebut tidak mudah dilakukan, namun jika mau berubah sedikit demi sedikit pasti bisa terwujud. Tidak ada yang tidak mungkin terjadi selama masih ada kemauan. Kepribadian yang baik akan menjadikan hidup lebih tenang dan bermakna, jauh dari pikiran negatif dan perasaan gelisah.

Sumber artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *