Arti Jaring Pengaman Sosial Bagi Masyarakat Kelas Bawah

Arti jaring pengaman sosial bagi sebagian besar masyarakat kalangan bawah sangatlah penting. Hal tersebut dikarenakan jaring pengaman sosial sendiri merupakan salah satu program pemerintah yang keberadaannya diharapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat kalangan bawah. Hal hal yang menjadi isu sangat penting bagi kebutuhan masyarakat kalangan bawah diantaranya adalah mengenai ekonomi, kesehatan, pendidikan, serta masalah sosial lainnya yang berda pada masyarakat. Jaring pengaman sosial sendiri secara kebetulan, atau memang sudah di setting oleh pemerintah, mengusung program untuk meringanan masalah sosial tersebut. Ibarat gayung bersambut, kebutuhan masyarakat akan kehidupan yang layak dalam bidang ekonomi, kesehatan, serta pendidikan kini dicukupi oleh pemerintah. Sehingga setiap masyarakat Indonesia memiliki hak yang sama antara satu dengan lainnya.

Program jaring pengaman sosial dari pemerintah untuk masyarakat kalangan bawah ini memang memberi angin segar bagi mereka yang membutuhkan. Ketika kondisi perekonomian yang sedang sulit, pemerintah datang untuk meringankan beban ekonomi mereka. begitu juga dari bidang kesehatan, ketika masyarakat khawatir tiba tiba jatuh sakit karena bekerja terlalu keras untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Pemerintah datang untuk menjamin setiap kebutuhan yang berkaitan dengan kesehatan bagi masyarakat. Sama halnya dalam bidang pendidikan, pemerintah menjamin setiap masyarakat Indonesia harus memiliki kesempatan mendapat pendidikan yang sama.Maka dari itu arti jaring pengaman sosial bagi masyarakat kalangan bawah sangatlah penting keberadaannya, meskipun mungkin bagi sebagian kecil masyarakat yang anti sosial menganggap jaring pengaman sosial tidaklah memiliki arti penting.

Jika setiap manusia mampu untuk menempatkan dirinya pada segala posisi, tentunya tidak akan menganggap jaring pengaman sosial bukanlah hal yang penting. Ketika perekonomian masyarkat rendah, kesehatan masyarakat tidak terjamin, serta kesempatan meraih pendidikan yang layak cukup tipis, jaring pengaman sosial mampu mengatasi segala permasalahan tersebut. Dengan adanya jaring pengaman sosial masyarakat tentu akan lebih tenang dalam menghadapi kehidupan saat ini. Demikianlah arti jaring pengaman sosial bagi masyarakat kelas bawah, yang mungkin tidak semua dari anda mengetahui pentingnya jaring pengaman sosial bagi mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *