Cara Download Video YouTube di Hp Android

Cara Download Video YouTube di hp Android. YouTube bukan cuma penyedia layanan berbagi video online saja. Di masa kini, YouTube sudah berubah menjadi platform, yang menyedikan aplikasi dimana para pengguna bisa saling berbagi dan menonton video secara bebas.

Banyak YouTuber kreatif yang kemudian lahir dan populer di Indonesia. Tak cuma video sederhana, melainkan banyak video bermanfaat juga.

Cara Download Video YouTube di Android

 

Bisa dibilang saat ini YouTube juga sudah menjadi arena untuk berlajar via video online. Dan tak cuma di PC atau laptop, kita juga kini bisa menikmati video YouTube di smartphone dan tablet Android yang tentu lebih mudah dan bisa dilakukan di mana saja.

Setidaknya selama ada WiFi atau kuota memadai. Dan lebih lagi jika diakses dengan koneksi 4G LTE. Makin lancar jaya dan menyenangkan.

Tapi adakah cara untuk mengunduh atau menonton video YouTube secara Offline?

Tentu saja ada. Namun bisa dibilang ada dua cara berbeda. Pertama adalah cara yang bisa dibilang kurang baik, dan mengandalkan layanan online pihak ketiga.

Sementara cara kedua memakai fitur yang ada di YouTube itu sendiri. Meski tidak semuahasil download  video bisa ditonton offline, dan tidak bisa kita miliki selamanya.

Nah, lalu bagaimanakah cara download video YouTube di tablet atau hp Android tanpa perlu pakai aplikasi tambahan? Berikut beberapa diantaranya.

Cara Download Video YouTube di Android Tanpa Aplikasi Pihak Ke-3

Untuk melakukan hal ini (download), sebenarnya tidak terlalu disarankan. Karena YouTube sendiri tidak memberikan fitur untuk download video mereka.

Namun jika terpaksa untuk berbagai alasan, berikut ada cara yang bisa dicoba.

1. Buka video yang ingin diunduh sebelumnya. Cek url video tersebut, misalnya

2. Kmeudian ubah bagian “m.” jadi ss, sehingga url-nya jadi sebagai berikut

Cara Download Video YouTube di Android

Nanti Anda akan diarahkan ke laman en.savefrom.net. dan akan ada banyak pilihan video yang bisa kamu unduh.

3. Tinggal unduh dan tunggu selesai.

Sebagaimana dikatakan, cara ini kurang direkomendasikan, karena berpotensi melanggar hak cipta.

Sebenarnya cara ini cukup mirip seperti cara mengunduh video youtube dari aplikasi atau situs pihak ketiga.

Dengan kata lain, cara kerjanya adalah memindahkan download video dari YouTube ke smartphone. Namun video ini tidak bisa seenaknya dipindah ke PC atau laptop, karena cuma bisa diputar di aplikasi YouTube di ponsel Android kamu.

Fitur ini hadir secara resmi dan dibuat oleh YouTube sendiri tanpa perlu aplikasi tambahan.

Cara menggunakannya adalah sebagai berikut.

1. Buka aplikasi YouTube di smartphone atau tablet Android.

2. Buka video yang ingin disimpan. Kemudian play, nanti akan ada tombol simpan di bawah video. Klik!

3. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan untuk memilih kualitas video. Pilih dan simpan.

4. Video akan diunduh ke memori internal dengan format khusus yang cuma bisa diputar aplikasi YouTube.

5. Untuk melihat video yang sudah diunduh, pindah ke tab koleksi, dan akan muncul video koleksi anda. Termasuk menu Video Offline di mana memuat semua video yang sudah diunduh dan bisa diputar offline.

Nah, itulah beberapa cara untuk download video di Android dengan mudah tanpa perlu memakai aplikasi ini atau itu alias aplikasi bawaan.

Cara yang paling direkomendasikan adalah cara kedua. Meski video yang diunduh tidak bisa dipindah ke pc atau dimasukkan ke koleksi abadi, namun kita bisa menontonnya tanpa koneksi internet di waktu senggang.

Meski cara kedua ini ada kekurangan, karena video tersebut akan disimpan dalam jangka waktu terbatas. Dengan kata lain, setelah melewati waktu yang ditentukan, video akan dihapus atau tak bisa dibuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *