Langkah Pertama Cara membuat game Android

Saat tengah menulis Cara membuat game Android Cocos2D gue teringat pengalaman waktu sebentar mulai terjun ke dunia game development. Saat itu gue bertanya-tanya, Kalau ingin membuat game Android, harus mulai darimana sebentar ya.

Mungkin saja untuk kamu yang baru pertama kalinya membuat game Android juga mempunyai pertanyaan yang serupa ya. Nah di tulis kesempatan ini gue menginginkan sharing mengenai langkah Cara membuat game Android yang sebentar saat mulai perjalanan memembuat game Android. Mudah-mudahan menulis ini dapat berguna untuk kamu yang mempunyai latar belakang jadi programmer.

Kok hanya untuk programmer?

Membuat game Android bukan hanya ngoding

cara membuat game android

game android

Sistem membuat game Android itu bukan hanya sebatas melibatkan ngoding saja. Pembuatan game sendiri itu melibatkan banyak segi, dari mulai programming, design art, buat narasi, hingga ke sistem testing. Karna multi-disiplin itulah, jadi percakapan kesempatan ini gue batasi mengenai langkah awal untuk beberapa programmer saja. Untuk yang segi beda seperti art, atau buat narasi, atau testing gue ulas di tulis yang beda ya.

Sistem cara membuat game Android umumnya dengan diawali aktivitas pengumpulan/perumusan inspirasi (arti kerennya : brainstorming). Rumusan inspirasi ini lalu dituangkan kedalam bentuk rencana. Rencana game berikut yang kelak jadikan referensi untuk sistem membuat game Android. Dari mulai referensi untuk pembuatan aset art s/d segi programmingnya. Dalam dunia game development, rencana game ini umum dimaksud dengan arti game design.

Game design ini lain dengan buat gambar untuk game ya. Bila belumlah ada bayangan mengenai apa sich game design itu, kamu dapat singgah ke menulis gue ini yang mengulas mengenai segi game design dalam game.

Sesudah merumuskan game design barusan, cara membuat game Android setelah itu umumnya dibagi jadi dua sisi besar yakni :

Pembuatan aset art (visual/grafis serta sound) yang dikerjakan oleh beberapa game artist.
Sistem programming untuk mengimplementasikan rencana game yang telah di buat. Sistem berikut yang dikerjakan oleh game programmer.
Jadi langkah awalnya harus buat rencana sebentar?

Begini untuk tutorial cara membuat game Android memanglah umumnya dimulai dari pembuatan rencana/game design. Namun untuk belajar game programming, kamu dapat dari mulai pelajari kode pemrograman dari game yang telah ada terlebih dulu. Umpamanya, kamu dapat pelajari kode pemrograman dari game Pong.

Pong yaitu game yang seringkali jadikan contoh untuk beberapa game programmer pemula yang menginginkan belajar mengenai game programming. Meskipun kuno, namun dari Pong kamu dapat belajar mengenai bebrapa basic game programming seperti :

Kode untuk menghadirkan gambar ke monitor.
Kode untuk menggerakkan objek game berdasar pada input pemain. Ada dua segi programming yang dapat kamu simak di bagian ini :
Menggerakkan objek game dalam monitor.
Mendeteksi input dari pemain lalu mengimplementasikannya ke objek game di monitor.
Kode untuk deteksi bentrokan (collision detection) pada objek-objek didalam game.
Serta banyak sekali lagi yang dapat kamu gali sendiri saat ngulik Pong. (^^,)
gue sendiri juga sebentar mulai belajar game programming dari ngulik Pong. Pengalaman ngulik itu gue berbagi di tulis Pong Android serta Pong BlackBerry.

Oiya, kamu dapat juga pilih game terkecuali Pong lho. Namun anjuran gue, awalilah belajar dari game yang termasuk sederhana seperti Pong, Hangman, Breakout atau Tetris.

Segera terjun ngoding game? Mesti memahami C/C++ sebentar kah?

Bila memanglah telah sempat miliki pengalaman ngoding terlebih dulu, kamu mungkin mulai terjun membuat game Android dengan memakai bhs pemrograman yang telah kamu kuasai.

Umpamanya kamu telah sempat membuat situs atau web-application? Kamu dapat membuat game Android gunakan HTML+CSS+Javascript.
Atau kamu sempat buat mobile application gunakan Java/J2ME atau gunakan Objective C? Kamu dapat membuat game Android gunakan bhs pemrograman barusan.

Tidak mesti gunakan C/C++ kok.

Lagipula di masa saat ini game telah dapat di nikmati di bebagai basis dari mulai PC, konsol, situs, s/d mobile (smartphone serta tablet). Jadi meskipun belum juga miliki pengalaman programming C/C++, kamu tetaplah dapat mulai membuat game Android sesuai sama latar belakang programming yang kamu kuasai.

Perlukah gunakan game mesin?

Telah sempat dengar arti game mesin? Pengertian game mesin menurut wikipedia yaitu software yang di desain untuk pembuatan video game. Untuk keterangan lebih detilnya dapat kamu baca disini.

Menurut gue pribadi, lebih terbaik bila kamu mulai belajar bebrapa basic game programming tanpa ada memakai game mesin. Meskipun dengan menggunakan game mesin mungkin saja kamu dapat (relatif) lebih cepat membuat game Android, namun kamu tidak dapat pelajari beberapa hal mendasar dari game programming. Karna beberapa hal mendasar barusan telah dikerjakan oleh game mesin.

Tetapi itu bergantung dari pilihan kamu, bila memanglah menginginkan cara membuat game Android dengan memakai game mesin terdapat banyak pilihan yang dapat kamu cobalah seperti :

Unity3D. Ini adalah satu diantara game mesin popular yang banyak dipakai. Untuk membuat game Androidnya kamu dapat memakai C# atau UnityScript.
Cocos2D-iPhone. Bila menginginkan tutorial cara membuat game Android untuk basis iOS, Cocos2D yaitu satu diantara pilihan yang paling popular. Untuk membuat game Androidnya memakai bhs pemrograman Objective-C atau Swift. Beberapa waktu terakhir gue menulis mengenai tutorial Cocos2D-iPhone, kamu dapat check disini.
Cocos2D-x. Varian dari keluarga Cocos2D ini diperuntukkan untuk membuat game Android multi-platform (iOS, Android, Windows8). Untuk membuat game Androidnya kamu dapat memakai C++ atau Javascript.
Starling Frame-work. Ini yaitu game mesin untuk membuat game Android di plaftorm Flash. Untuk membuat game Androidnya memakai Actionscript 3.
Terkecuali contoh di atas barusan, banyak game mesin beda yang dapat kamu cobalah.

Coffee break sebentar..
Panjang juga percakapan gue ya. Kita rehat sebentar sembari menganalisa percakapan yang baru saja.

Jadi untuk kamu yang telah miliki pengalaman programming, terdapat banyak pilihan langkah awal yang dapat diambil untuk mulai praktekan cara membuat game Android,

Kamu dapat mulai membuat rencana game lantas dilanjutkan dengan belajar bebrapa basic programming game menggunakan bhs pemrograman yang telah kamu kuasai.
Atau mulai membuat rencana game lantas kamu teruskan membuatnya dengan memakai game mesin.
Dapat pula kamu segera mulai belajar bebrapa basic game programmingnya dari game yang telah ada tanpa ada mesti membuat rencana game kamu sendiri sebentar.

Mudah-mudahan percakapan cara membuat game gue barusan dapat menolong kamu yang miliki pengalaman ngoding serta punya niat untuk membuat game Android kamu sendiri. Bila masih tetap agak bingung untuk pilih bebrapa pilihan barusan, kamu dapat berbagi pertanyaan kamu di kolom komentar atau kamu dapat juga gabung ke komune developer game untuk sama-sama sharing dengan beberapa programmer game beda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *