Ciri Ciri Menstruasi Tidak Wajar

Ciri Ciri Menstruasi Tidak Wajar

Ciri Ciri Menstruasi Tidak Wajar Salah satu proses alami yang hanya dialami oleh kaum hawa adalah menstruasi atau haid. Proses ini merupakan suatu rutinitas yang dialami oleh wanita setiap bulannya. Tetapi, ada juga beberapa kondisi yang menyebabkan berhentinya proses ini.

Proses ini akan berhenti selama anda sedang hamil, namun ketika anda sudah mencapai proses melahirkan, maka proses ini akan kembali berjalan. Selain itu, ada juga istilah menopause yang berarti seorang wanita telah mencapai masanya dan tidak akan lagi menjalani proses ini.

Ciri Ciri Menstruasi Tidak Wajarhttp://kiwkiwherbal.com

Pada umumnya, menopause terjadi pada wanita dengan rentang usia 45 tahun hingga 66 tahun. Menstruasi ini sendiri masih merupakan suatu misteri yang belum bisa dijelaskan secara sempurna menurut kacamata ilmiah. Hingga saat ini belum ada patokan usia yang tepat mengenai kapan seharusnya datang menstruasi itu atau mengapa siklus menstruasi yang dialami oleh setiap wanita berbeda-beda. Namun, ada beberapa tanda-tanda menstruasi yang bisa anda kenali.

Tanda-tanda menstruasi merupakan sesuatu yang harus benar-benar dipahami oleh wanita. Dengan mengenal tanda-tanda menstruasi, maka anda bisa menghindari berbagai hal, misalnya untuk menghindari rasa kejang perut yang ditimbulkan dari PMS.

Dengan mengetahui tanda-tanda menstruasi tersebut, anda bisa menyediakan atau melakukan langkah awal, misalnya menyediakan obat-obat tertentu yang bisa menghilangkan rasa sakit. Untuk lebih jelas mengenai tanda-tanda menstruasi, simaklah uraian yang berikut ini.

Tanda-tanda menstruasi pada setiap wanita ini sangatlah beragam dan bervariasi. Namun, ada beberapa indikasi yang menunjukkan kesamaan. Selain itu, jumlah darah yang dikeluarkan pada saat menstruasi juga berbeda-beda. Rata-rata darah yang dikeluarkan bisa mencapai 30 hingga 80 ml per siklus menstruasi.

Hal ini merupakan siklus yang normal. Di samping itu, kita juga mengenal istilah siklus tidak normal yang cukup sering terjadi pada wanita. Ada beberapa tanda-tanda menstruasi yang menunjukkan siklus tidak normal, di antaranya adalah :

  • Metrorrhagia, yang merupakan keadaan dimana seorang wanita tidak mengalami siklus menstruasi yang normal, bisa terjadi 3 hingga 6 minggu sekali atau bahkan lebih.
  • Oligomenorrhea, merupakan siklus menstruasi yang paling ringan, merupakan kasus yang sangat langka namun mungkin dialami oleh beberapa wanita. Biasanya menstruasi hanya terjadi 2 kali dalam setahun
  • Polymoenorrhea, merupakan kondisi dimana wanita terlalu sering mengalami menstruasi, biasanya terjadi 2 atau 3 minggu sekali.
  • Menorrhagia, merupakan suatu kondisi dimana darah pada saat menstruasi sangat banyak keluar. Agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya anda yang mengalami hal ini berkonsultasi pada dokter.

Adapun beberapa tanda yang muncul pada saat menjelang menstruasi, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Perut akan terasa mengembung dan bila selalu diisi dengan makanan, maka akan selalu merasa tidak enak dan mual.
  • Biasanya wanita juga akan mengalami sakit kepala dan badan akan terasa lebih cepat lelah
  • Pada umumnya akan terasa sakit dan ngilu pada bagian otot
  • Selain itu, payudara juga akan terasa mengencang dan sering kali disertai dengan rasa gatal
  • Anda juga akan mengalami kenaikan berat badan yang diakibatkan oleh retensi cairan
  • Muncul rasa cemas yang berlebihan dan gelisah
  • Anda juga akan mengalami kesulitan untuk tidur atau insomnia
  • Selain itu, anda juga mudah sekali merasa lapar, sehingga anda akan semakin sering makan atau ngemil
  • Terjadi perubahan emosi, sehingga anda menjadi lebih sensitif dari biasanya, misalnya mudah marah atau terseinggung.

Menstruasi ini sendiri sebenarnya berasal dari kata Mensis yang dalam bahasa latin berarti bulan. Hal ini karena siklus menstruasi yang normal biasanya terjadi sebulan sekali. Pada saat proses ini terjadi, ada banyak sekali perubahan dalam diri anda tanpa anda sadari.

Misalnya, terjadi perubahan bentuk fisik dan perubahan emosi. Hal ini karena hormone yang berada di dalam tubuh bekerja lebih keras sehingga terjadi berbagai perubahan. Pada beberapa kasus, ada juga wanita yang mengalami rasa sakit yang luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *